Perkembangan layanan digital yang tidak bisa dielakkan lagi semakin mendominasi gaya hidup masyarakat di era modern saat ini. Terlebih, modernisasi layanan tersebut juga merambah sektor perbankan. Alhasil, industri layanan keuangan yang sebelumnya terkenal konservatif, kini malah menjadi panutan sektor usaha lain dengan varian layanan perbankan digitalnya yang modern dan impresif.

Berdasarkan data dari Bank Indonesia pada November 2023 lalu, nilai transaksi digital banking tercatat Rp5.163,76 triliun atau tumbuh sebesar 13,21% (yoy), sementara itu nilai transaksi Uang Elektronik (UE) meningkat 16,95% (yoy) sehingga mencapai Rp41,30 triliun. Belum cukup, nominal transaksi QRIS juga tercatat tumbuh 157,43% (yoy) sehingga mencapai Rp24,90 triliun, dengan jumlah pengguna 45,03 juta dan jumlah merchant 30,12 juta yang sebagian besar merupakan UMKM. Data tersebut menjadi salah satu bukti bahwa sebagian besar masyarakat kini telah beralih ke layanan perbankan digital.

Chief Digital Technology Officer MNC Bank, Parman Suparman menyampaikan bahwa fenomena perubahan gaya hidup masyarakat dalam bertransaksi keuangan tidak mengherankan, mengingat layanan perbankan digital menawarkan berbagai keuntungan bagi nasabah, “layanan perbankan digital memungkinkan nasabah untuk melakukan berbagai transaksi perbankan kapan saja dan di mana saja, tanpa perlu datang ke bank. Hal ini tentu sangat memudahkan dan memberikan kenyamanan”, ungkapnya.

Parman kemudian mencontohkan MotionBank dari MNC Bank sebagai salah satu aplikasi layanan perbankan digital yang menurutnya dari tahun ke tahun semakin menunjukkan pertumbuhan kinerja dan perkembangan fitur layanan yang inovatif dan relevan dengan kebutuhan nasabah saat ini.

Sampai dengan akhir Desember 2023, jumlah user/pengguna MotionBank telah mengalami pertumbuhan sebesar 10% year on year dibanding tahun 2022, diiringi dengan jumlah transaksi dan nominal transaksi yang masing-masing tumbuh 25% dan 36%.

Parman menambahkan, “Salah satu cara untuk bertahan di tengah persaingan antar bank adalah dengan menawarkan layanan yang inovatif dan relevan dengan kebutuhan nasabah. Hal ini bisa dilakukan dengan terus menghadirkan fitur-fitur baru yang sesuai dengan tren dan kebutuhan nasabah. Di tahun 2023, kami sudah lakukan itu dengan dengan menghadirkan 3 fitur terbaru di MotionBank”.

Fitur-fitur tersebut antara lain pengajuan kartu kredit online melalui MotionBank, nasabah tidak perlu repot mengajukan fasilitas kartu kredit, karena fitur pengajuan sudah bisa dilakukan melalui MotionBank. Berbagai transaksi dan akses informasi terkait Kartu Kredit MNC Bank juga dapat dilakukan seperti membuat atau mengubah PIN, ringkasan penggunaan kartu kredit tiga bulan terakhir, informasi tagihan kartu kredit, pembayaran kartu kredit, cek limit kartu utama dan kartu tambahan, mengubah transaksi menjadi cicilan, dan masih banyak lagi.

Fitur baru selanjutnya adalah Menu Split Bill untuk permintaan transfer antar rekening MotionBank. Fitur ini memungkinkan nasabah mengajukan permintaan transfer dana dengan mudah pada aplikasi MotionBank. Cukup pilih menu “Transfer”, lalu pilih opsi “Split Bill”, buat permintaan dana, isi nomor rekening yang akan menerima permintaan, nominal hingga pesan yang ingin disampaikan.

Jika nomor rekening bank dirasa terlalu panjang, MotionBank juga dapat melakukan transfer dana menggunakan nomor handphone yang terdaftar untuk sesama rekening MotionBank. Nasabah cukup mengisi nomor handphone penerima (tidak perlu nomor rekening) dalam melakukan transfer dana antar rekening MotionBank.

MotionBank juga merilis fitur pembukaan rekening Tabungan Pensiun Motion, untuk memudahkan pensiunan Aparatur Sipil Negara (ASN) melakukan transaksi penarikan uang pensiun tanpa harus datang secara fisik.

“Pertumbuhan kinerja dan layanan MotionBank yang signifikan ini merupakan hasil dari komitmen kami untuk terus berinovasi dan menghadirkan layanan perbankan yang terbaik bagi nasabah. Kami berharap dapat terus meningkatkan kualitas layanan kami, sehingga MotionBank dapat menjadi aplikasi perbankan digital yang kompetitif dan semakin menjadi pilihan bagi nasabah untuk bertransaksi”, tutup Parman.

Terkait informasi mengenai PT Bank MNC Internasional Tbk (BABP) atau MNC Bank, anak usaha PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP) yang berada di bawah naungan MNC Group (BHIT), dapat menghubungi MNC Bank Call Center di 1500188, akses www.mncbank.co.id dan www.motionbank.id serta ikuti akun resmi media sosial MNC Bank, @officialmncbank dan @motionbankingid di Instagram, MNC Bank di Facebook dan @MNCBank di Twitter.
Nikmati layanan perbankan digital dan produk-produk lain MNC Bank dengan mengunduh aplikasi MotionBank di Google PlayStore dan Apple AppStore melalui tautan https://bit.ly/MotionBankMNC

#MNCGroup #MNCBank #MotionBank #PerbankanDigital

Related posts