Berdasarkan data yang dirilis oleh Bank Indonesia (BI), kinerja transaksi ekonomi dan keuangan digital tetap kuat pada triwulan II 2023. Nilai transaksi digital banking tercatat Rp13.827 triliun atau tumbuh sebesar 11,6% (yoy). Nominal transaksi QRIS juga menunjukkan pertumbuhan sebesar 104,64% (yoy) sehingga mencapai Rp49,65 triliun. Pertumbuhan transaksi digital banking dan QRIS ini menunjukkan bahwa masyarakat semakin antusias menggunakan layanan perbankan digital. Hal ini didukung oleh beberapa faktor, antara lain:

  1. Peningkatan penetrasi internet dan smartphone
    Peningkatan penetrasi internet dan smartphone di Indonesia telah membuka akses masyarakat terhadap layanan perbankan digital. Masyarakat kini dapat dengan mudah mengakses layanan perbankan melalui perangkat mobile.
  2. Kemajuan teknologi
    Teknologi perbankan digital terus berkembang pesat, sehingga menawarkan berbagai kemudahan dan kenyamanan bagi nasabah. Nasabah dapat melakukan berbagai transaksi perbankan dengan mudah dan cepat, kapan saja dan di mana saja.
  3. Kebijakan pemerintah
    Pemerintah juga telah memberikan dukungan terhadap pengembangan layanan perbankan digital, antara lain melalui program Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT). Program ini bertujuan untuk mendorong masyarakat untuk menggunakan transaksi non tunai, termasuk melalui layanan perbankan digital.

Pertumbuhan tersebut sebenarnya memiliki beberapa manfaat bagi masyarakat dan perekonomian Indonesia, antara lain:

  1. Meningkatkan efisiensi dan efektivitas transaksi
    Layanan perbankan digital dapat membantu masyarakat untuk melakukan transaksi dengan lebih efisien dan efektif. Nasabah tidak perlu lagi membawa uang tunai atau kartu debit/kredit untuk melakukan transaksi.
  2. Meningkatkan inklusi keuangan
    Layanan perbankan digital dapat membantu meningkatkan inklusi keuangan di Indonesia. Masyarakat yang tidak memiliki akses ke perbankan konvensional dapat memanfaatkan layanan perbankan digital untuk melakukan transaksi keuangan.
  3. Meningkatkan pertumbuhan ekonomi
    Layanan perbankan digital dapat mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia. Transaksi digital dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas bisnis, sehingga dapat meningkatkan produktivitas dan daya saing.

Chief Digital Business Officer MNC Bank, Yudistira Ardhi Prastono menyampaikan bahwa antusiasme masyarakat terhadap layanan perbankan digital juga didorong oleh kehadiran berbagai aplikasi layanan perbankan digital yang menawarkan berbagai fitur unggulan. Salah satunya adalah MotionBank, aplikasi layanan perbankan digital dari MNC Bank.

Fitur-fitur unggulan MotionBank ini semakin memudahkan masyarakat untuk melakukan berbagai transaksi perbankan secara digital, kapan saja dan di mana saja. Hal ini turut mendorong pertumbuhan transaksi digital banking dan QRIS di Indonesia. Berikut adalah beberapa fitur unggulan MotionBank yang dapat menjadi daya tarik bagi masyarakat:

  1. Transaksi tarik dan setor tunai di jaringan Indomaret
    MotionBank bekerja sama dengan Indomaret untuk menyediakan layanan tarik dan setor tunai. Melalui layanan ini, nasabah MotionBank dapat melakukan transaksi tarik dan setor tunai di jaringan Indomaret seluruh Indonesia.
  2. Transaksi sehari-hari
    MotionBank menawarkan berbagai fitur untuk memudahkan transaksi sehari-hari, seperti pembayaran by QRIS, transfer dana, pembayaran berbagai tagihan, top up & pay ke berbagai mitra layanan digital.
  3. Fitur-fitur unggulan terbaru
    MotionBank juga memiliki fitur-fitur unggulan terbaru, seperti Pengajuan Kartu Kredit Online, Split Bill untuk permintaan transfer antar rekening MotionBank, Transfer dana menggunakan nomor handphone yang terdaftar untuk sesama rekening MotionBank, hingga pembukaan rekening tabungan maupun Deposito Online. Tidak ketinggalan, MotionBank juga memiliki fitur pembukaan rekening Tabungan Pensiun Motion, dimana dengan fitur tersebut, pensiunan Aparatur Sipil Negara (ASN) dapat melakukan transaksi penarikan uang pensiun tanpa harus datang secara fisik, dari mana saja dan kapan saja. MNC Bank juga bersinergi dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) untuk memudahkan peserta dan nasabah dalam mengakses layanan kepesertaan BPJAMSOSTEK yang terintegrasi dengan layanan perbankan dari MNC Bank.

Sampai dengan kuartal II 2023, volume transaksi perbankan digital menggunakan aplikasi MotionBank dari MNC Bank bertambah hingga 21,36% yoy, diiringi dengan total nilai transaksi dan jumlah pengguna MotionBank yang masing-masing meningkat sebesar 21,96% dan 14,14% dibandingkan dengan kuartal II 2022. “Dengan berbagai fitur dan kemudahan aplikasi layanan perbankan digital yang disediakan MotionBank, kami berharap dapat mendukung pertumbuhan ekonomi melalui peningkatan indeks inklusi keuangan di Indonesia”, tutup Yudistira.

Terkait informasi mengenai PT Bank MNC Internasional Tbk (BABP) atau MNC Bank, anak usaha PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP) yang berada di bawah naungan MNC Group (BHIT), dapat menghubungi MNC Bank Call Center di 1500188, akses www.mncbank.co.id dan www.motionbank.id serta ikuti akun resmi media sosial MNC Bank, @officialmncbank di Instagram, MNC Bank di Facebook dan @MNCBank di Twitter.

Serta jangan lupa untuk menikmati layanan perbankan digital MNC Bank dengan mengunduh aplikasi MotionBank di Google PlayStore dan Apple App Store melalui tautan berikut https://bit.ly/MotionBankMNC.

#MNCGroup #MNCBank #MotionBank

Related posts