PERTANYAAN UMUM


Seputar MotionBank

Pertanyaan:
Apa itu MotionBank?
Jawaban:
MotionBank merupakan layanan perbankan digital dari Bank MNC yang ditujukan untuk memberikan kemudahan kepada nasabah Perorangan untuk melakukan transaksi perbankan finansial maupun non-finansial kapan saja dan dimana saja.

Pertanyaan:
Fitur apa saja yang ada di MotionBank?
Jawaban:
MotionBank menawarkan fitur layanan perbankan. antara lain:
1. Informasi (Informasi Rekening & Saldo, Mutasi Rekening, Histori Transaksi, E-statement)
2. Transaksi Transfer (Transfer MNC Bank, Realtime transfer, BI-Fast, SKN, RTGS, Transfer Virtual Account MNC)
3. Pembukaan Rekening (Rekening Tabungan, Deposito online)
4. Top Up dan Pay (PLN, E-Wallet, TV berbayar, pembelian Pulsa, Pembayaran Kartu Kredit MNC, Pembayaran MNC grup)
5. Pinjaman (Informasi kartu credit, Informasi KTA, Informasi KPR)


Pertanyaan:
Apakah ada minimum saldo, dan berapa biaya admin per bulan?
Jawaban:
Bebas biaya untuk biaya pembukaan rekening Tabungan Motion, saldo minimum/saldo mengendap Rp20.000, dan bebas Biaya Administrasi Rekening

Pertanyaan : 
Mengapa saya tidak dapat menginstall MotionBank melalui Appstore/Playstore?
Jawaban:
Pastikan perangkat memenuhi syarat minimum versi OS sbb: Android : ver 5.1.1 (Lollipop) IOS: 11

Pertanyaan : 
Mengapa ketika registrasi data yang saya input tidak sesuai?
Jawaban:
1. Pastikan nomor kartu, tanggal lahir dan nomor handphone nasabah sudah terdaftar sebelumnya di MNC Bank.
2. Pastikan nomor kartu nasabah dalam keadaan aktif atau tidak expired.
3. Jika ada perbedaan data, segera melakukan pengkinian data melalui cabang terdekat/ call center MNC Bank.

Pertanyaan : 
Apakah saya akan mendapat kartu debit dan berapa lama pengirimannya?
Jawaban:
Anda akan mendapatkan kartu debit Digital Mastercard, namun tetap dapat mengajukan permintaan kartu debit (digital / fisik) melalui MotionBank. Waktu pengiriman kartu debit untuk daerah Jabodetabek estimasi 7 hari kerja sedangkan luar Jabodetabek estimasi 14 hari kerja.

Pertanyaan : 
Kenapa kartu debit saya tidak sampai sudah lebih dari 14 hari?
Jawaban:
Pastikan pada saat pengisian alamat surat-menyurat sudah lengkap dengan No Rumah, RT/RW, Kelurahan dan Kecamatan sesuai alamat domisili. Hubungi Call Centre / CS Whatsapp kami untuk informasi lebih lanjut.

Pertanyaan :
Mengapa akun MotionBank saya terblokir?
Jawaban:
Anda telah melakukan kesalahan menginput Passcode atau PIN sebanyak tiga kali berturut-turut. Hubungi Call Centre / CS Whatsapp kami untuk informasi lebih lanjut.

Pertanyaan : 
Bagaimana cara membuka akun MotionBank yang terblokir?
Jawaban:
Pembukaan blokir dapat dilakukan melalui Cabang atau menghubungi Call Center di 1500188 atau CS Whatsapp kami.

Pertanyaan : 
Jika saya lupa Passcode / PIN saya, apa yang harus saya lakukan?
Jawaban:
1. Klik “Forget Passcode?” pada halaman login.
2. Input nomor kartu & nomor rekening bagi pengguna kartu debit atau Input nomor kartu & tanggal lahir bagi pengguna kartu kredit.
3. Lakukan aktivasi ulang

Pertanyaan :
Mengapa rekening saya tidak muncul setelah registrasi?
Jawaban:
Kemungkinan rekening anda sedang dalam kondisi dormant atau terblokir.

Pertanyaan : 
No handphone saya sudah terdaftar di Bank tapi saya tetap tidak bisa melakukan aktifasi akun MotionBank
Jawaban:
Pastikan no handphone yang diinput di MotionBank merupakan nomor handphone utama yang pertama didaftarkan di Bank. Jika ada perbedaan segera melakukan pengkinian data melalui cabang terdekat / call center.

Pertanyaan : 
Apa itu Passcode?
Jawaban:
Passcode adalah kode rahasia yang dimiliki dan digunakan Nasabah untuk login ke aplikasi MotionBank.
 
Pertanyaan : 
Apa Itu PIN?
Jawaban:
PIN adalah Nomor pengenal pribadi yang berupa rangkaian angka yang bersifat pribadi dan rahasia yang digunakan untuk melakukan transaksi perbankan.
 
Pertanyaan : 
Apa itu OTP?
Jawaban:
OTP (One Time Password) Adalah kode rahasia yang dikirimkan oleh sistem MotionBank yang digunakan saat bertransaksi dan hanya dapat dipakai satu kali dengan masa periode valid yang terbatas. OTP bersifat pribadi dan tidak diperbolehkan untuk diberikan kepada orang lain
 
Pertanyaan : 
Kapan saya membutuhkan Passcode?
Jawaban:
Anda membutuhkan Passcode ketika akan melakukan Login pada aplikasi MotionBank dan melakukan kegiatan di dalamnya.
 
Pertanyaan : 
Apa yang harus saya lakukan jika saya lakukan jika saya lupa Passcode, PIN?
Jawaban:
Anda dapat mengakses menu lupa Passcode, atau lupa PIN dalam Aplikasi MotionBank.
 
Pertanyaan : 
Apakah saya boleh membagi Passcode, PIN atau OTP?
Jawaban:
Anda tidak diperkenankan berbagi kode rahasia seperti Passcode, PIN, ataupun OTP tidak diperkenankan untuk dibagi dengan siapa pun, termasuk petugas Bank sekalipun.
 
Pertanyaan : 
Apakah saya bisa login menggunakan metode lain selain Passcode?
Jawaban:
Anda bisa login ke MotionBank menggunakan Fingerprint atau FaceID biometric.

Deposito Online

Pertanyaan : 
Apa itu Deposito Online?
Jawaban:
Deposito Online adalah fitur pembukaan rekening Deposito berjangka di aplikasi MotionBank dengan beragam pilihan tenor dan suku bunga yang menarik.

Pertanyaan : 
Apakah Pembukaan Deposito Online Bisa menggunakan mata uang selain mata uang Rupiah?
Jawaban:
Saat ini pembukaan Deposito Online hanya bisa menggunakan mata uang Rupiah.

Pertanyaan :
Berapa saja tenor yang disediakan pada Pembukaan Deposito Online?
Jawaban:
Tenor yang tersedia pada pembukaan Deposito Online 1 Bulan, 3 Bulan, 6 Bulan & 12 Bulan.

Pertanyaan : 
Instruksi Jatuh Tempo apa saja yang disediakan pada Deposito Online?
Jawaban:
Instruksi Jatuh Tempo yang tersedia pada pembukaan Deposito Online adalah:
 1. Perpanjangan Nominal Deposito (ARO)
 2. Perpanjangan Nominal Deposito + Bunga (ARO + Interest)
 3. Tidak Perpanjang Nominal Deposito + Bunga (Non ARO)

Pertanyaan :
Berapa minimal nominal Pembukaan Deposito Online?
Jawaban:
Saat ini minimum pembukaan Deposito Online adalah Rp 200.000.

Pertanyaan :
Berapa Maksimal Nominal Pembukaan Deposito Online?
Jawaban:
Saat ini maksimal pembukaan Deposito Online adalah Rp 9.999.999.999 (Sembilan miliar Sembilan ratus Sembilan puluh Sembilan juta Sembilan ratus Sembilan puluh Sembilan ribu Sembilan ratus Sembilan puluh Sembilan rupiah) per rekening.

Pertanyaan : 
Berapa limit portofolio pembukaan Deposito Online?
Jawaban:
Saat ini limit portofolio (Gabungan) Pembukaan Deposito Online adalah Rp 10.000.000.000 (Sepuluh Milyar Rupiah).

Pertanyaan : 
Berapa jumlah maksimal pembukaan rekening Deposito Online?
Jawaban:
Rekening Pembukaan Deposito Online saat ini hanya dapat di buka 10 Rekening Deposito saja per akun MotionBank.

Pertanyaan : 
Kenapa Saya tidak bisa melakukan pencairan Deposito Online sebelum jatuh tempo (break deposito online) di hari pembukaan Deposito Online?
Jawaban:
Pencairan Deposito Online dapat dilakukan pada H+1 setelah pembukaan rekening Deposito Online.

Pertanyaan : 
Apakah pembukaan deposito online dapat dilakukan 24 jam?
Jawaban:
Saat ini pembukaan Deposito Online hanya dapat dilakukkan mulai pukul 03.00 – 22.00 WIB.

Pertanyaan : 
Kenapa nominal deposito saya 0 (nol) ketika sudah melakukan pembukaan deposito online?
Jawaban:
Hal tersebut dikarenakan kesalahan pada saat penempatan dana Deposito Online dari rekening sumber dana. Rekening Deposito dengan saldo 0 tersebut akan ditutup secara otomatis pada akhir hari. Anda dapat segera melakukan pembukan Deposito Online lagi di hari yang sama.

Digital Onboarding
(Pembukaan Rekening Online)

Pertanyaan:
Apa itu Digital Onboarding?
Jawaban:
Digital Onboarding adalah fitur pembukaan rekening bagi nasabah baru yang belum pernah memiliki rekening / kartu kredit di MNC Bank melalui aplikasi MotionBank.

Pertanyaan:
Apa syarat agar bisa melakukan Digital Onboarding?
Jawaban:
Anda diwajibkan memiliki KTP dengan kondisi yang baik / terbaca jelas, berdomisili di Indonesia, dan belum pernah memiliki rekening / kartu kredit di MNC Bank.

Pertanyaan:
Mengapa KTP saya tidak terbaca di aplikasi MotionBank?
Jawaban:
Pastikan KTP anda dalam kondisi baik dan terbaca dengan jelas.

Pertanyaan:
Saya tidak bisa melakukan Digital Onboarding dengan error “Data tidak sesuai Dukcapil” ?
Jawaban:
Pastikan data KTP Anda tidak bermasalah di Dukcapil. Harap hubungi kantor Dukcapil wilayah KTP Anda.

Pertanyaan:
Mengapa pembukaan rekening saya ditolak?
Jawaban:
Harap pastikan KTP Anda sesuai dengan yang ada di Dukcapil dan pastikan Anda telah memasukan data yang benar pada saat pengisian data.

Pertanyaan:
Bagaimana saya mengetahui bahwa pembukaan rekening saya diterima / ditolak?
Jawaban:
Harap periksa kotak masuk pada email yang kami kirimkan ke alamat email Anda yang terdaftar pada saat pembukaan rekening.


Pertanyaan:
Berapa saldo minimal pembukaan rekening?
Jawaban:
Pembukaan rekening tidak dikenakan biaya dan biaya administrasi bulanan. Saldo mengendap yang diwajibkan sebesar Rp 20.000.

Kartu Kredit MNC Bank

Pertanyaan : 
Bagaimana cara pengajuan kartu kredit MNC Bank?
Jawaban:
Untuk pengajuan pengajuan Kartu Kredit MNC Bank bisa mengunakan aplikasi MotionBank, atau hubungi tim marketing kami di call center 1500 188 atau datang ke lokasi kantor cabang kami terdekat.

Pertanyaan : 
Mengapa kartu kredit saya tidak muncul setelah registrasi di MotionBank?
Jawaban:
Data Anda yang tercatat di Bank tidak sesuai. Harap hubungi call centre / CS Whatapp kami untuk pengkinian data.

Pertanyaan : 
Mengapa saya tidak bisa membuat pin kartu kredit/ melakukan aktifasi kartu kredit saya?
Jawaban:
Pastikan nomor telepon dan tanggal lahir yang tercatat di Bank telah sesuai. Jika ada perubahan segera melakukan pengkinian data melalui cabang terdekat/call center.

Pertanyaan : 
Bagaimana cara melakukan pembayaran Kartu kredit MNC di MotionBank?
Jawaban:
Anda dapat melakukan pembayaran Kartu Kredit MNC di menu Transaksi -> Merchant/Pembayaran -> Bayar Tagihan -> Kartu Kredit MNC.
Pertanyaan : 
Apakah saya dapat melihat tagihan / e-statement kartu kredit saya di aplikasi MotionBank.
Jawaban:
Anda dapat melihat / mengunduh tagihan / e-statement kartu kredit Anda di aplikasi MotionBank.

Pertanyaan :
Bagaimana cara melakukan konversi cicilan tagihan kartu kredit saya?
Jawaban:
Anda dapat melalukan konversi cicilan kartu kredit Anda menggunakan menu Installment yang ada di MotionBank.

Pertanyaan : 
Apakah saya dapat melakukan penutupan kartu kredit MNC Bank di aplikasi MotionBank?
Jawaban:
Anda dapat melalukan penutupan kartu kredit MNC Bank Anda melalui Call Centre kami atau mengunjungi ke kantor cabang MNC Bank terdekat.

Transaksi Transfer Dana

Pertanyaan : 
Bagaimana cara melakukan transfer dana di MotionBank?
Jawaban:
Anda dapat melakukan transfer dana menggunakan menu transfer yang ada di MotionBank.

Pertanyaan : 
Apa saja metode transfer dana yang ada di MotionBank?
Jawaban:
MotionBank memiliki beberapa metode transfer dana yaitu Transfer antar rekening MNC Bank, Transfer ke Bank Lain dengan SKN, Transfer ke Bank Lain dengan RTGS, Transfer virtual account MNC Bank, serta Transfer ke Bank Lain dengan BI-FAST.

Pertanyaan : 
Apa yang dimaksud dengan SKN?
Jawaban:
SKN (Sistem Kliring Nasional) adalah metode transfer antar bank dengan menggunakan fasilitas kliring.

Pertanyaan : 
Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menerima transfer dana melalui SKN?
Jawaban:
Transfer dana melalui metode Sistem kliring Nasional (SKN) akan diproses dalam waktu berikut:
– Untuk transaksi pada pukul 08.00 – 15.00 WIB , akan diproses pada hari kerja yang sama.
– Untuk transaksi yang melewati pukul 15.00 WIB akan diproses pada hari kerja berikutnya.

Pertanyaan : 
Apa yang dimaksud dengan RTGS?
Jawaban :
RTGS (Real Time Gross Settlement) adalah metode transfer antar bank secara real time atau saat itu juga dengan jumlah yang besar.

Pertanyaan : 
Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menerima transfer dana melalui RTGS?
Jawaban:
Transfer dana melalui metode Real Time Gross Settlement (RTGS) akan diproses dalam waktu berikut :
– Untuk transaksi pada pukul 08.00 – 15.00 WIB , akan diproses pada hari kerja yang sama.
– Untuk transaksi yang melewati pukul 15.00 WIB akan diproses pada hari kerja berikutnya.

Pertanyaan : 
Apakah ada biaya admin untuk transaksi yang menggunakan metode SKN/RTGS?
Jawaban:
Biaya yang dibebankan kepada nasabah untuk SKN adalah sebesar IDR 2.900 dan untuk RTGS adalah sebesar IDR 30.000
 
Pertanyaan : 
Apa Perbedaan Transfer Real Time, SKN & RTGS?
Jawaban:
Realtime
Maksimal Nominal Transaksi perhari Rp25.000.000
Waktu Proses: Langsung
Biaya: Rp6.500
 
SKN
Maksimal Nominal Transaksi perhari Rp100.000.000
Waktu Proses: 08.00 – 15.00 WIB diproses pada hari kerja yang sama.
Melewati pukul15.00 WIB diproses pada hari kerja berikutnya.
Biaya: Rp2.900
 
RTGS
Minimal Nominal per transaksi Rp100.000.001
Waktu Proses:
08.00 – 15.00 WIB diproses pada hari kerja yang sama.
Melewati pukul 15.00 WIB akan diproses pada hari kerja berikutnya.
Biaya: Rp30.000

Pertanyaan : 
Bagaimana caranya saya mengetahui dana yang ditransfer melalui SKN/RTGS telah sampai ke Penerima?
Jawaban:
Transaksi menggunakan SKN/RTGS diproses melalui sistem Bank Indonesia. Nasabah dimohon untuk melakukan verifikasi kepada Penerima mengenai status transfer dana.

Pertanyaan : 
Apa itu BI-Fast?
Jawaban:
BI-Fast adalah metode transfer dana dari Bank Indonesia yang dapat memfasilitasi pembayaran ritel secara real-time, aman, efisien, dan tersedia setiap saat.

Pertanyaan : 
Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menerima dana melalui BI-Fast?
Jawaban:
Transaksi melalui BI-Fast 24/7 (real time).
 
Pertanyaan : 
Apakah ada biaya admin untuk transaksi yang menggunakan BI-Fast?
Jawaban:
Biaya yang dibebankan kepada nasabah adalah sebesar Rp2.500.

Pertanyaan : 
Berapa limit transaksi per hari menggunakan BI-Fast?
Jawaban:
Limit Maksimal transaksi BI-FAST per transaksi sebesar Rp 25.000.000,-
Limit maksimal transaksi BI-FAST per hari sebesar Rp 50.000.000,-

Transaksi Pembayaran dan Top Up

Pertanyaan :
Apa itu transaksi Top Up?
Jawaban:
Transaksi Top Up adalah transaksi untuk membeli produk seperti pulsa, isi ulang e-Wallet, token listrik PLN, dan lain-lain.

Pertanyaan :
Apa itu transaksi Pembayaran?
Jawaban:
Transaksi pembayaran adalah transaksi pembayaran tagihan melalui aplikasi MotionBank seperti tagihan listrik, kartu kredit, MNC Vision, MNC Play, MNC Insurance, MNC Life, MNC Leasing dan lain-lain.

Pertanyaan :
Berapa biaya administrasi untuk transaksi Top Up & Pembayaran?
Jawaban:
Biaya administrasi mengikuti aturan Bank yang tertera di aplikasi MotionBank.

Pertanyaan :
Bagaimana jika saya membeli pulsa tetapi tidak menerima pulsa dan saldo saya sudah terdebit?
Jawaban :
Harap tunggu beberapa saat hingga kami mengembalikan uang ke rekening Anda secara real time (Pengembalian Dana).
Jika Anda tidak menerima uang Anda kembali oleh sistem kami, Bank akan mengembalikan dana Anda secara manual pada H+1 hari kerja.

Pertanyaan :
Apa saja produk isi ulang & pembayaran yang dimiliki MotionBank?
Jawaban :
MotionBank memiliki beberapa produk isi ulang dan pembayaran seperti Kvision, PLN Pascabayar, Token PLN, MNC Vision, MNC Play, Linkaja, Dana, Shopee pay, OVO, Gopay, Motionpay, XL, Smartfren, Tri, Axis, Indosat, Telkomsel, paket data Smartfren, paket data Axis, paket data XL , paket data indosat, paket data telkomsel, paket data tri, dan lainnya.

Debit Card Management

Pertanyaan :
Apa itu Debit Card Management?
Jawaban:
Debit Card Management adalah layanan dari MotionBank untuk nasabah dapat melakukan pengaturan kartu debit melalui MotionBank.

Pertanyaan :
Apa saja layanan Debit Card Management?
Jawaban:
Layanan Debit Card Management yaitu:
1. Digital Card.
Digital Card adalah fitur dari MotionBank agar nasabah dapat menggunakan layanan kartu debit di MotionBank tanpa menggunakan kartu fisik.
2. Reset PIN
Reset PIN adalah fitur bagi pengguna MotionBank yang lupa PIN kartu debit nya, agar dapat melakukan pengaturan ulang (reset) PIN kartu debit melalui MotionBank tanpa harus datang ke kantor cabang atau terminal ATM MNC Bank.
3. Blokir / Buka Blokir
Blokir adalah fitur bagi pengguna MotionBank untuk dapat melakukan pemblokiran kartu debitnya melalui MotionBank. Buka blokir adalah fitur bagi pengguna MotionBank untuk dapat melakukan pembukaan blokir kartu debit melalui MotionBank.
4. Penggantian Kartu Debit
Penggantian kartu debit adalah fitur bagi pengguna MotionBank untuk dapat melakukan penggantian kartu debit nya menjadi Digital Card atau Kartu Debit Fisik GPN/Mastercard dari MNC Bank.

Pertanyaan :
Berapa biaya administrasi untuk transaksi Debit Card Management?
Jawaban:
Biaya administrasi mengikuti aturan Bank yaitu:
1. Digital Card: Gratis
2. Reset PIN: Gratis
3. Blok / Unblock: Gratis
4. Penggantian Kartu Debit: Rp 50.000,- (mengikuti kebijakan Bank)

Pertanyaan :
Bagaimana cara agar saya dapat menghubungi layanan petugas Bank terkait Debit Card Management?
Jawaban :
Anda dapat mengubungi kami melalui:
– Call Centre: 1500188
– CS Whatsapp: +628888888888
– Email: cs@motionbank.id

Pertanyaan :
Apa saja Manfaat dan Risiko penggunaan fitur Debit Card Management?
Jawaban :
Manfaat:
1. Nasabah dapat menggunakan layanan Debit Card Management secara langsung via MotionBank tanpa harus datang ke kantor cabang atau terminal ATM MNC Bank.
2. Nasabah mendapatkan layanan langsung selama 24/7.
3. Proses yang realtime, mudah, dan cepat.
4. Keleluasaan dalam mengatur fitur kartu debit di MotionBank.
5. Mendapatkan layanan terbaru dan terbaik dari MotionBank.

Risiko:
1. Penggunaan fitur Debit Card Management adalah sepenuhnya atas kesadaran dan tanggung jawab dari Nasabah
2. Kesalahan memasukan data alamat pengiriman pada penggantian kartu dapat menyebabkan kendala pengiriman kartu.
3. Nasabah dihimbau agar menghubungi Layanan Nasabah MotionBank melalui Call Centre / email/ whatsapp untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Call Center  : 1500 188
Email : cs@motionbank.id
WhatsApp : 0888-888-8888