PT Bank MNC Internasional Tbk berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan yang berkedudukan di Jakarta Pusat dan memiliki kantor cabang yang tersebar di wilayah Republik Indonesia (“MNC Bank”) memahami perlunya menjaga dan melindungi keamanan data dan informasi nasabah MNC Bank (“Anda” atau “Nasabah”) selaku pengguna layanan MotionBank. MNC Bank menyusun kebijakan ini untuk menerangkan kepada Anda bagaimana MNC Bank memperoleh, memproses, menjaga, menggunakan, menampilkan, mengirimkan, menyampaikan, menghapus dan memusnahkan Data Pribadi yang Anda berikan kepada MNC Bank pada saat mengunduh, mengunggah, mengakses, serta menggunakan layanan MotionBank, kecuali diatur lain pada ketentuan yang terpisah.
Kami mengharapkan Anda untuk membaca dan memahami setiap ketentuan yang tertulis dalam Kebijakan Privasi dan Pengamanan – MotionBank (“Kebijakan”) yang merupakan satu kesatuan bagian tidak terpisahkan dengan Syarat dan Ketentuan MotionBank. Istilah-istilah dalam huruf kapital mempunyai arti yang sama dengan Syarat dan Ketentuan MotionBank.
Berdasarkan hal-hal tersebut di atas, maka MNC Bank menerapkan Kebijakan sebagai berikut:
I. Kebijakan Privasi
1. Yang dimaksud dengan “Data Pribadi” dalam Kebijakan ini adalah data, informasi dan/atau keterangan dalam bentuk apapun yang melekat dan dapat diidentifikasi, baik langsung maupun tidak langsung pada masing-masing Nasabah yang menggunakan layanan MotionBank, yang dari waktu ke waktu disampaikan kepada MNC Bank dalam, pada dan/atau melalui MotionBank yang mencakup termasuk namun tidak terbatas pada: (i) nama lengkap; (ii) nomor kartu identitas; (iii) alamat; (iv) tanggal lahir dan/atau umur; (v) nomor telepon seluler/handphone yang digunakan; (vi) nama ibu kandung; (vii) alamat email; (viii) data mengenai transaksi perbankan Nasabah pada MotionBank; dan/atau (ix) data lainnya yang termasuk atau dapat digolongkan sebagai Data Pribadi.
2. Nasabah mengetahui bahwa dalam menyampaikan Data Pribadi kepada MNC Bank dilakukan secara sukarela. Apabila Nasabah tidak bersedia untuk memberikan Data Pribadi, maka Nasabah mengetahui bahwa MNC Bank tidak dapat memproses Data Pribadi untuk tujuan yang diatur dalam Kebijakan ini, dan dapat menyebabkan MNC Bank tidak dapat memberikan layanan atau produk kepada atau memproses transaksi Anda.
3. Pengumpulan Data Pribadi
a. MNC Bank menjamin akan menjaga kerahasiaan Data Pribadi dalam mengumpulkan Data Pribadi terbatas hanya untuk tujuan pemrosesan Data Pribadi yang diatur dalam Kebijakan ini dan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
b. MNC Bank mengumpulkan Data Pribadi pada saat Anda: (i) melakukan registrasi MotionBank;
(ii) melakukan perubahan Data Pribadi; (iii) mengakses layanan MotionBank atau melakukan transaksi melalui layanan MotionBank (iv) atau pada saat lainnya sebagaimana mungkin dimintakan oleh MNC Bank (bila diperlukan) dari waktu ke waktu.
4. Pemrosesan Data Pribadi
MNC Bank dapat memproses dan/atau menggunakan Data Pribadi untuk tujuan sebagaimana tersebut di bawah ini ataupun tujuan lain sebagaimana diizinkan dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku.
a. Untuk mengidentifikasi dan mendaftarkan Anda sebagai pengguna layanan MotionBank dan melakukan verifikasi, menonaktifkan atau mengelola akun Anda, termasuk melakukan prinsip Mengenal Nasabah (Know Your Customer);
b. Untuk memungkinkan MNC Bank untuk menyediakan layanan, produk atau transaksi yang Anda lakukan untuk diproses;
c. Untuk mencegah, mendeteksi, menyelidiki dan mengatasi atas kemungkinan tindakan yang merupakan, kejahatan, dilarang, ilegal, tidak sah, yang mungkin timbul dalam penggunaan MotionBank, temasuk namun tidak terbatas pada penipuan (fraud), pencucian uang atau tindak pidana lainnya;
d. Untuk keperluan administrasi akun Anda;
e. Untuk pelaksanaan riset mengenai data demografis Nasabah;
f. Untuk keperluan administratif internal, seperti: audit, analisis data, rekaman-rekaman dalam data base;
g. Untuk penilaian, analisis, verifikasi, validasi atau pemeriksaan terhadap permohonan transaksi melalui MotionBank (termasuk pinjaman/kredit – jika ada) dan/atau profil Anda;
h. Untuk digunakan, diberikan, disampaikan kepada pihak ketiga dan/atau afiliasi dari MNC group untuk keperluan riset analisa dan/atau peningkatan/penambahan produk dan layanan sepanjang dimungkinkan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
i. Untuk melakukan verifikasi, penilaian risiko, analisis dan perencanaan statistik dan tren, termasuk melaksanakan pengolahan data, analisis statistik, kredit, pengawasan risiko dan anti pencucian uang, membuat dan mengelola penilaian kredit, melakukan pemeriksaan dan peninjauan kredit dan latar belakang lain dan menyimpan sejarah transaksi yang sah untuk referensi saat ini dan di masa mendatang;
j. Untuk pengelolaan hubungan Bank dengan Anda, antara lain untuk hal-hal sebagai berikut:
(i) mengidentifikasi Anda ketika Anda menghubungi Bank atau menggunakan MotionBank;
(ii) menghubungi Anda terkait dengan permintaan Anda; (iii) mengirim notifikasi melalui surat elektronik (email) kepada Anda; (iv) untuk keperluan transaksi secara umum termasuk untuk memverifikasi identitas Anda; (v) menangani pertanyaan atau keluhan yang dibuat oleh atau tentang Anda sehubungan dengan MotionBank dan disimpan untuk mencegah dan mendeteksi kecurangan, pelanggaran dan bentuk penyalahgunaan lainnya; (vi) memverifikasi kepatuhan Anda terhadap persyaratan dan ketentuan yang mengatur penggunaan MotionBank; (vii) mengadakan atau melakukan survei, riset, evaluasi, studi akademik dan/atau pengembangan MotionBank, produk atau layanan oleh Bank; (viii) melakukan setiap investigasi berdasarkan hukum yang berlaku mengenai pemeriksaan anti pencucian uang dan pencegahan pendanaan terorisme di sektor jasa keuangan; (ix) memenuhi persyaratan hukum, regulasi dan kepatuhan yang berlaku terhadap Bank berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan mematuhi setiap perjanjian yang berlaku sehubungan dengan MotionBank; (x) melaksanakan perintah atau kebijakan pemerintah, badan pengaturan atau instansi yang berwenang; dan (xi) memberitahu Anda tentang perubahan-perubahan terhadap MotionBank
II. Kebijakan Pengamanan
1. MNC Bank mewajibkan Anda untuk memasukkan Passcode untuk dapat melakukan akses ke layanan MotionBank. Untuk memastikan perlindungan dalam melakukan akses ke MotionBank, maka Anda dimohon melakukan hal-hal sebagai berikut:
a. Saat Anda pertama kalinya memasukkan nomor Kartu Debit MNC Bank / Kartu Kredit MNC Bank Anda, maka MNC Bank menyarankan untuk tidak menggunakan informasi yang mudah diterka, seperti tanggal lahir, nomor polisi kendaraan bermotor, nomor telepon dan lain-lain. Apabila Anda merasa Passcode dan/atau Personal Identification Number (“PIN”) Anda telah diberitahukan kepada atau diketahui oleh pihak ketiga, hilang atau tercuri dan transaksi tidak sah mungkin telah terjadi, Anda bertanggung jawab untuk segera melaporkannya kepada MNC Bank;
b. Menjaga kerahasiaan Passcode dan PIN MotionBank dan tidak memberitahukan, membagikan atau menuliskan Passcode dan PIN kepada siapapun. Anda wajib mengamankan Passcode dan PIN untuk: (i) tidak memberitahukan Passcode dan PIN kepada orang lain; (ii) tidak mencatatkan Passcode dan PIN pada kertas atau menyimpannya secara tertulis atau sarana penyimpanan lainnya yang memungkinkan diketahui orang lain; (iii) berhati-hati menggunakan Passcode dan PIN agar tidak diketahui orang lain; (iv) mengganti PIN secara berkala; (v) tidak menggunakan PIN yang diberikan oleh orang lain atau yang mudah diterka;
c. Tidak memberitahukan PIN atau sebagian PIN kepada siapapun, meskipun pihak tersebut mengaku sebagai karyawan atau pihak yang ditunjuk oleh MNC Bank. MNC Bank tidak pernah menanyakan Passcode dan PIN Anda, hanya Anda yang boleh mengetahui informasi ini.
d. Untuk melindungi akses dan transaksi Nasabah pada saat menggunakan layanan MotionBank, MNC Bank menggunakan sistem pengamanan sebagai berikut:
1) Secure Socket Layer (“SSL”) adalah teknologi pengamanan yang “mengacak” jalur komunikasi antar komputer, sehingga tidak dapat dibaca oleh pihak lain. Area pengamanan jaringan (web) MNC Bank menggunakan teknologi enkripsi SSL 256 bit untuk memproteksi komunikasi antara perangkat (gadget/device) Nasabah dan server MNC Bank selama mengakses layanan MotionBank;
2) Passcode dan PIN;
3) One-Time Password (OTP) adalah teknologi pengamanan yang selalu menghasilkan password yang berbeda setiap kali digunakan untuk transaksi tertentu.
2. Untuk menambah keamanan bagi Anda, maka digunakan metode time out session, yaitu apabila setelah periode 5 (lima) menit tidak terdapat aktivitas Nasabah, maka akses akan keluar dengan sendirinya atau terputus.
3. Untuk dapat menggunakan layanan MotionBank saat ini, spesifikasi minimal berupa operating system telepon seluler/handphone yang disarankan adalah : (i) untuk Android OS: 4.1; dan (ii) iOS: 6.0. MNC Bank berhak untuk mengubah spesifikasi yang diperlukan dalam penggunakan layanan MotionBank dengan pemberitahuan terlebih dahulu kepada Nasabah sesuai peraturan yang berlaku.
4. Penyimpanan dan Keamanan Data
a. MNC Bank memastikan bahwa Data Pribadi yang disampaikan oleh Nasabah akan disimpan dengan aman sesuai dengan kebijakan internal MNC Bank dan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Republik Indonesia. MNC Bank akan menyimpan Data Pribadi yang disampaikan oleh Nasabah selama diperlukan untuk memenuhi tujuan yang disampaikan dalam Kebijakan ini;
b. Sepanjang tidak bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, MNC Bank akan berhenti menyimpan dan akan segera menghapus dan/atau memusnahkan Data Pribadi setelah dianggap pemrosesan Data Pribadi tidak lagi diperlukan berdasarkan tujuan yang tercantum dalam Kebijakan ini.
III. Pengungkapan Data Pribadi
MNC Bank memahami untuk mematuhi ketentuan dalam Kebijakan ini dan akan terus menjaga kerahasiaan, namun untuk tujuan sebagaimana diatur dalam Kebijakan, Anda memahami bahwa MNC Bank berhak memberikan informasi Anda kepada pihak ketiga dengan ketentuan sebagai berikut:
1. Diperbolehkan atau disetujui oleh Anda;
2. Diwajibkan, ditetapkan atau diperlukan untuk menjalankan kepatuhan Bank terhadap ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
IV. Pencabutan Persetujuan
Sepanjang tidak bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, Nasabah berhak untuk menarik atau mencabut persetujuan baik sebagian maupun seluruhnya atas pemberian Data Pribadi yang dapat disampaikan kepada Bank secara tertulis yang ditujukan melalui email sebagai berikut: cs@motionbank.id
V. Pemusnahan Data Pribadi
Pemusnahan Data Pribadi pada MNC Bank dapat dilakukan sesuai ketentuan berikut:
1. Tujuan pemrosesan Data Pribadi telah tercapai dan Data Pribadi tidak digunakan kembali sesuai dengan kebijakan retensi Bank atau sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan lainnya yang secara khusus mengatur ketentuan tersebut; atau
2. Atas permintaan Nasabah, kecuali ditentukan lain oleh ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
VI. Pembatasan
1. Anda memahami bahwa dalam hal terjadi keadaan sebagaimana tersebut di bawah ini, merupakan keadaan yang terjadi di luar kemampuan MNC Bank:
a. Dimana suatu tindakan alam atau keadaan yang tidak terduga telah terjadi, mengakibatkan kerusakan atau penghancuran peralatan dan/atau sistem yang digunakan untuk mengamankan, menyimpan atau memproses Data Pribadi Nasabah;
b. Dimana Data Pribadi telah tersedia atau dapat ditemukan oleh publik sebelum Data Pribadi tersebut disampaikan kepada Bank;
c. Dimana Bank telah memberikan upaya terbaik untuk memverifikasi, mengamankan dan melindungi Data Pribadi, dan dalam hal terdapat akses yang tidak sah, hacking, penyalahgunaan, modifikasi, perubahan, gangguan;
d. Atas keakurasian (kecuali Data Pribadi yang telah diverifikasi oleh Bank sesuai kebijakannya), keabsahan, legalitas dan kelengkapan Data Pribadi Anda; dan/atau
e. Dimana penyalahgunaan Data Pribadi dan informasi yang disebabkan dengan tindakan kejahatan, penipuan atau tindak pidana apapun atau salah tindakan dari pihak ketiga yang tidak berada di bawah kendali atau instruksi Bank.
2. Bank akan berupaya sewajarnya untuk memberitahu secara tertulis melalui surat elektronik (email) atau sarana komunikasi lain yang terdaftar pada Bank kepada Anda, jika terjadi kegagalan pelindungan Data Pribadi dalam pengelolaan MotionBank, sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
VII. Hubungi Kami
Apabila terdapat pertanyaan atau terdapat hal yang kurang jelas, Anda dapat menghubungi Call Center MNC Bank di 1500 188 atau dapat mengirimkan surat elektronik (email) yang ditujukan kepada: cs@motionbank.id
VIII. Perubahan Kebijakan
1. Nasabah memahami bahwa Kebijakan ini dapat diubah oleh Bank dari waktu ke waktu dan akan diberitahukan kepada Nasabah paling lambat 30 (tiga puluh) Hari Kerja sebelum berlakunya perubahan, penambahan dan/atau penyesuaian Kebijakan ini.
2. Apabila selama waktu pemberitahuan tersebut di atas, Nasabah tidak menyanggah perubahan, penambahan dan/atau penyesuaian Kebijakan tersebut, maka Nasabah dianggap menyetujui. Namun apabila Nasabah tidak menyetujuinya, maka setelah Nasabah menyelesaikan seluruh kewajibannya dengan MNC Bank, Nasabah berhak untuk mengakhiri penggunaan MotionBank sesuai Syarat dan Ketentuan MotionBank.
3. Setiap pemberitahuan dari MNC Bank akan disampaikan secara tertulis atau secara lisan ke alamat Nasabah yang tercatat pada data MNC Bank. Pemberitahuan MNC Bank tersebut dapat juga dicantumkan secara tertulis pada papan pengumuman yang terdapat di tiap-tiap kantor cabang MNC Bank, media cetak, media elektronik maupun media lainnya. Penyampaian pemberitahuan ini merujuk kepada ketentuan perundangan yang berlaku.
IX. Lain-Lain
1. Kebijakan ini diatur dan ditafsirkan sesuai dengan hukum negara Republik Indonesia.
2. Kebijakan ini telah disesuaikan dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku termasuk peraturan Otoritas Jasa Keuangan.